Wednesday, July 27, 2011

medium for SOCIALIZING


Semalem aku nonton konser Incubus deh. Nonton gratis dalam rangka live tweet & ngumpulin bahan artikel utusan brand si sponsor sebenernya. Mungkin orang yang ngeliat sebel kali ya : Ini orang dateng ke tempat konser malah sibuk aja sama henponnya. Ya maaf mas, mbak, lha ini judulnya makaryo gitu. Untung ga pake gelaran laptop segala lho ini. But I have to admit, konser Incubus semalem bersih dan rapi. Sound, lighting, songlist, showmanship, kualitas vokal, dan musikalitasnya top notch. Salut buat mas Brandon Boyd endegeng.

Dan apakah itu live tweet? Itu adalah semacam laporan pandangan mata sebuah event, tapi via twitter. Text-base dan image-base. Intinya biar para follower dapet laporan real time dari event yang bersangkutan. Jurnalisme masa kini kali ya. Barang baru juga sih buat aku, ketika beberapa kali diperbantukan ke kegiatan beginian. As we know, I'm new on twitter, baru setengah tahunan gitu. Sepertinya remeh ya, tapi ternyata ngga juga. Gimana caranya bikin tweet yang menggugah, menarik, talk-to-a-friend (macam radio juga ya), semua dalam 140 karakter saja. Ups, kadang 130, atau 120, buat ngasih space yang mau nge-RT.  Jadi tau, kalo ngetwit aja ada seninya.

Ibarat renang, mungkin aku baru nyelup sampe mata kaki di dunia dijitel ini. Jadi masih suka takjub sama suburnya kesempatan yang bisa dipanen dari sana. Kalau website, okay. Tapi Twitter? Facebook? Bener-bener pengalaman baru buat aku. Melihat seorang influencer (semacam seleb tweet yang punya banyak follower) dibayar sekian rupiah (yang ngga sedikit jumlahnya) buat ngetweet 1-2 kali. Melihat perusahaan-perusahaan besar ingin engaging dengan customernya lewat sosial media sampai harus menggunakan jasa ahensi. Melihat kuis-kuis berhadiah ngga main-main yang digelar via sosmed. Melihat pakar-pakar sosial media yang menelaah dalam bidang satu ini. Big company with no social media treatment? No cool. 

Man, social media is a real deal. Bukan cuma tempat menggalau semata. Lain kali kalo dapat pencerahan dari yang lebih ahli, ntar aku sharing lagi disini. Smell ya guys later.
ps : ngomongin sosmed tapi imagenya Incubus? Wis ndakpapa lah ya?

0 comments:

Post a Comment