Tuesday, November 24, 2009

Oh well..

Ini cerita tentang seorang Gadis Naif yang sedang mencari sarana relegasi diri. Pergilah dia ke suatu tempat dengan mempertaruhkan semua yang dia punya pada saat itu, untuk mengikuti tes di sebuah instansi.

Ternyata di tempat tes dia berjumpa dengan Teman Kuliahnya. Beberapa tes mereka lalui sampai tahap terakhir yang menyisakan 5 orang : Si Gadis Naif, Teman Kuliah, Kandidat Lain 1, Kandidat Lain 2 dan Kandidat Lain 3; untuk 1 buah formasi saja. Si Gadis Naif, dasarnya emang naif ya, cengar cengir aja ikut tesnya, sampai suatu ketika si Teman Kuliah berkata :

"Ah, lo tau ngga sih, instansi ini tuh banyak titipannya kali!"

"Masa sih? As if ini instansi basah aja... Ngapain nitip-nitip?"

"Yeee, ga percaya. Lo tau Temen Kosan gue? Bokapnya kan orang instansi sini. Si Temen Kosan gue, ibaratnya udah ditekin 1 tempat begitu dia lulus entar!"

"Ah seriusan?"

"Iya! Anggeplah 50% yang masuk sini tuh pasti titipan! Jadi kalo entar bukan gue ato elo yang masuk, gue yakin itu pasti titipan!"

"Hooo.." *garuk-garuk kepala*

And so it is. Si Gadis Naif tetep ngejabanin tes dong ah. Udah jauh-jauh juga. Bawaannya positif thinking aja dia mah. Sementara Si Teman Kuliah ngga berenti mengungkapkan kekeselennya bahwa untuk tes yang satu ini, dia mengorbankan 2 tes lainnya, karena kebetulan waktu tesnya bersamaan.

Si Gadis Naif mencoba menghibur :

"Ya udahlah mak, lo pilih aja yang menurut lo sreg"

"Pusing gueee. Yang tes disono sebenernya gue udah dititipin sama sodara gue. Tapi lo tau ga sih, disono tuh kalo udah masuk kerjaannya ngga ada. Ngapain gue entar? Kalo yang satunya lagi, saingan gue masih ribuan! Mending disini, cuma tinggal 5"

"Nah itu jelas. Brarti lo ngikut tes akhir yang ini aja"

"Tapi yang disono gue udah dijamin masuk sama sodara gue"

"Wah?? Enak dong. Elo mau disana aja?"

"Tapi dijaminnya sampe interview doang. Disana tuh ada tes fisiknya mak. Mana saingan gue yang lain bodinya lebih keren-keren! Mending juga gue disini!"

"Ya udah kalo gitu.."

"Tapi ya mak, kalo disini tuh banyak titipan! Nyesek kali mak kalo udah gue belain-belain lepas yang punya sodara gue ternyata bla bla bla bla bla blaaaa"

Dan acara bla bla bla itu berlangsung panjang. Si Gadis Naif sebenernya ngga pernah keberatan ngedengerin orang curhat. Tapi si Gadis Naif juga bingung. Dibandingkan sama Si Gadis Naif, Si Temen Kuliah berdomisili di kota yang sama tempat tes-tes itu berlangsung. Ngga perlu kesasar, karena kemana-mana dianterin atau naik taxi. Ngga perlu pusing ijin kantor dan ngelembur kerjaan sebelum bolos. Ngga perlu juga ngirit-ngirit duit buat ongkos karena toh masih 1 kota. Punya sodara yang bisa ngejamin pula...

Tapi, ah, ya sudahlah, setiap orang kan burdennya sendiri-sendiri. Lalu Si Gadis Naifpun tetap tabah (panemuan) mendengarkan penuturan si Teman Kuliah, yang terus minta pendapat, tapi setiap pendapat yang diberikan terus menerus disangkal dengan 'iya sih, tapi...'

Akhirnya hari pengumuman tes instansi tersebut datang juga. Pengumumannya via website instansi. Si Gadis Naif kesulitan mencari koneksi internet sampai akhirnya dia memutuskan untuk bersabar sebentar, baru nanti nyoba ngecek lagi. Tapi sebelum mengecek sendiri, tiba-tiba datang sms dari si Teman Kuliah :

"Mak, Kandidat Lain 2 tuh yang interview bareng elo ya? Dia yang lolos. Gue yakin dia titipan! Gila nyesek banget gue. Udah gue lepasin yang dijamin ama sodara gue, akhirnya tetep begini"

"Ohhh gitu. Aduh, sedih deh. Ya udahlah mak, bukan rejekinya kita kali mak. Tapi masa sih si Kandidat Lain 2 itu titipan?"

"Iyalah. Jujur ya, sebenernya di instansi ini gue juga udah dititipin sama temen bokap gue. Udah sampe ke kepala biro kepegawaiannya. Katanya nilai interview gue paling tinggi. Skripsi gue juga dibilangnya pas banget sama posisi ini. Tapi tetep ngga masuk juga, apa dong namanya kalo si Kandidat Lain 2 itu bukan titipan juga? Ih gila ya mak! Tau gitu kan yang punya sodara gue engga gue lepas!"

Lalu sms-sms itu berlanjut. Si Gadis Naif cuma bisa ber 'oh ya? wah sabar ya..', sementara si Teman Kuliah terus-terusan mengeluh. Ya, wajar jika Si Teman Kuliah sangat kesal dan kecewa... Tapi tiba-tiba si Gadis Naif teringat perkataan si Teman Kuliah :

"Kalo bukan gue atau elo yang lulus, yang lulus pasti titipan!"

Kok si Temen Kuliah bisa yakin bener bilang gitu? Nyatanya si Teman Kuliah juga menitipkan dirinya? Jadi dari awal, si Gadis Naif emang ngga punya peluang dan si Teman Kuliah tau itu? Tapi.. Tapi..

Yah, jadi ikutan 'tapi-tapian' deh :)

And then Si Gadis Naif just take it slow. Because denial won't get us anywhere, right?

4 comments:

Me said...

gue tahu! gue tahu!

*seneng banget getooooh*


temen kuliah lo itu......


temen gue juga kan?


aha!

diLa said...

kak nunce, kita semua kan emang berteman.. matter of fact semua umat manusia di dunia adalah sodara :D

heuheu

Me said...

brati dudu de'e yooo??



selay olay...ulay yulay....


*padahal gw dah bayangin cara dia ngomong....*

diLa said...

owww so ofensif...

hehehe

Post a Comment