Saturday, November 7, 2009

Musik untuk civitas akademika.. dan seluruh rakyat Indonesia



Tadinya ngga pernah kepikiran, kaya' gimana sih rasanya nonton pertunjukan orkestra. Tapi basically akunya suka nonton musik live, dari sekedar dangdutan promo produk sampe iseng ikutan ke club. Menyenangkan rasanya mendengar musik yang dimainkan secara langsung sama artisnya. Sukur-sukur kalo genrenya cocok.

Alkisah tersebutlah
MUSICADEMIA, event musik annual "memasyarakatkan-orkestra-dan-mengorkestrakan-masyarakat" yang digawangin sama Addie MS and his Twilite Orchestra. Tahun ini mereka dateng ke Semarang, dengan mengusung tema BAGIMU PAHLAWAN. Momennya dipasin sama Hari Pahlawan 10 November, sekalian menggugah wawasan kebangsaan anak-anak muda. Anak-anak studio berencana buat dateng nonton. Kebetulan kita masuk radio partner juga, jadi adalah itu sedikit priviledge yang bisa kita pake. Appointment made, then last nite, kita : aku, Oliph, Zakee, kak Echa, Benny, Ossy, Wulan dan Nyonyo meluncur ke TKP di Horison.

Gedung udah penuh, aku pikir means apreasiasi warga Semarang buat musik orkestra bagus. Ternyata SALAH. Banyaaaaaaaaaaaaak banget abege-abege ganggu ga jelas yang ngobrol dan cekikikan sepanjang konser. Udah di "SHHH!!" berkali-kali masih lanjut aja. Aduuuuh. Malu dong ah sama tampang situ yang anak gaolll getohhh... Eughh.


Ah well. Let's just ignore the intruder. The concert itself gave me SHIVER. Dibuka dengan TVC peristiwa-peristiwa perjuangan kemerdekaan, dilanjut sama lagu Indonesia Raya. Oh ya, yang nyanyi Twilite Chorus barengan sama PSM Undip juga lho.. Hmmm, sudah lama aku ngga denger lagu Indonesia Raya yang dinyanyiin langsung. Merinding abis. Sayang akustik gedungnya ngga begitu mantep. Ngga berasa surround gituh.

Berikutnya tampil berturut-turut Christoper Abimanyu, Afgan dan Lea Simanjuntak. Ada juga principal trumpet Eric Awuy yang main solo trumpet. Oh, tapi habis itu ditemenin sama 2 temennya, Gatut Santoso sama Aubrey Victoria. Buat set lagunya, beberapa ada lagu klasik tapi mostly lagu-lagu perjuangan. Mengingatkanku pada masa-masa SMP-ku, pas (sok-sokan) ikut paduan suara. Wah, kekuatan harmonisasi suara manusia itu memang sangat Subhanallah deh. Oh ya ending theme-nya Final Fantasy VIII dimainin juga disini. Huah! Sangar!

Katanya sih semalem sebenernya si Afgan sakit, jadi ngga maksimal nyanyinya. Tapi dia tetap dielu-elukan sama banyak orang (termasuk abege ganggu yang berisik tadi). Christoper Abimanyu.. mmm, ga tau deh, kok rasanya setting mic dia lebih kecil dari yang lain ya? Suara tenornya jadi kurang menggelegar. Tapi buatku, bintangnya malam tadi adalah Lea Simanjuntak. Suara bagus, pasti, mutlak. Tapi showmanshipnya mbak Lea ini lho.. JUARA! Dia berkomunikasi dengan penonton, walau hanya dengan senyum dan lirikan mata, tapi efeknya luar biasa beda. Gerakan tubuhnya teatrikal. Penghayatannya pas, tidak berlebihan. Belum lagi rambut bob-nya yang ala Gemma Arterton di St. Trinian itu (atau Irina Spalko-nya Indiana Jones)... Sangat berkarakter! Apalagi pas dia nyanyi Indonesia Jaya. Aghhhh. Merindingdingding.

Selesai konser, kita poto-poto dong tentu saja (Ada Ossy sama Zakee gitu lho). Pengen foto barengnya bukan sama artis, tapi sama para veteran perang kemerdekaan yang malam itu sengaja diundang. They're old but proud. Mata mereka berbinar, dan tampak gagah dalam setelan batik mereka.




Kita ngobrol sama seorang dari mereka, pak Soedijono namanya. Satu pertanyaan dan mengalirlah banyak cerita dari beliau. Ya, beliau-beliau para veteran ini memang suka bercerita, dan kita generasi muda memang harus lebih banyak mendengarkan kisah mereka. Di akhir obrolan, aku bertanya mengenai tunjangan kesejahteraan para veteran oleh pemerintah. Menurut pak Soedijono, sekarang sudah jauh lebih baik. Alhamdulillah.


Then kita poto-poto lagi, makan, poto-poto, jalan, poto-poto, then Ossy stayed over nite at my place (membuatku mesti nyapu kamar kotorku itu malem-malem!)...





... dan, ahhh begitulah. I survived another nite (dan merasa senang masih bisa tergetar hatinya mendengar Indonesia Raya) berkat Musicademia (dan Lea Simanjuntak-nya) :D

1 comments:

Gandy said...

Pengeeeeeeeennnn....!!!

Post a Comment