Saturday, February 20, 2010

Support our local comic movement :)

.
Beberapa hari yang lalu, aku dapet undangan dateng ke launching komiknya Papillon. Papillon itu studio komik di Semarang, dimana aku pernah gabung disana. Search aja deh facebooknya : Papillon Comics. Dulu sih Papillon cuma ngomik aja. Kalo sekarang ngomik masih tetep, submissionnya tambah kenceng, merchandising sama bikin artwork pesenan juga bisa. Oh ya, cari kumpulan komiknya yang kemaren barusan di-launching ya :D Namanya KOMET : Komik Extra-Terrestrial Volume 1. Ada di distro-distro gede di Semarang kok.

Anyway, kalo tadi aku bilang "dulu pernah gabung" kesannya tuh udah mantan gitu ya. Padahal engga juga, soalnya sampe sekarang mereka masih menganggapku bagian dari mereka, biarpun udah jadi komikus murtad :p Aku mulai gabung sama mereka pas jaman aku SMA (dan nama mereka masih Caterpillar. Ring a bell? Caterpillar. Papillon. Caterpillar. Papillon) itu taun 2000 sampe.. mmm.. 2004? Habis itu, udah deh, ngga gambar-gambar bareng mereka lagi. Gambar mungkin masih, tapi just a doodles, ga intens sama sekali.



When I met them, they just stay the same. Ketemuan lagi setelah sekian lama sama Alfa dan mas Fajar, guys who taught me how to hold my pencil upright at my teen-age. Ada beberapa personil baru yang lucu-lucu dan jago-jago. Dari yang dulu studionya jaman Caterpillar cuma 1 ruangan di sebuah percetakan, berubah jadi Papillon pindah ke garasi rumahnya Alfa sang founding father, sampe sekarang jadi 1 rumah yang berdiri sendiri.

Studio itu. Dengan kertas, drawing pen, pensil, penghapus, penggaris, lampu, komik-komik referensi, action figure, komputer dengan window Photoshop membuka berlayer-layer warna dan filter. The ambient was soooooo... I don't know. Mengingatkanku pada masa muda.. Hehehe. Ngga tau ya. I just looove being there. Pada dasarnya aku sangat suka komik.. Along with music and movies and writing, just everything i did right now. Cuma si komik ini yang udah lama ngga kepegang lagi. Kangen gitu ceritanya. Rasanya kalo aku bakal ngomik lagi sih engga ya.. Skillnya sudah karatan :p Biarkan Alfa dan Eiichiro Oda dan Frank Miller dan teman-teman pegiat komik lokal yang mencipta. Aku duduk manis baca-baca saja. :)

Lah. Jadi pengin baca Understanding Comics-nya Scott McClouds lagi. Ada di bagian mananya kamar ya buku itu? Cari ah..
.
.

0 comments:

Post a Comment