Monday, December 5, 2011

doodle #5 : CHILDHOOD MEMORY


Rumahku dekat dengan salah satu anak sungai Kaligarang, Semarang. Mungkin hanya sekitar 50 meter jaraknya. Menjelang aliran sungai, dataran akan melandai 10 meter ke bawah membentuk semacam tebing yang ditahan dengan talud. Turuni 'tebing' itu maka kita akan mencapai secuil pelataran pasir dan batuan, trus langsung deh ketemu sungai. Sungainya sendiri ngga terlalu gede sih, mungkin 5-6 meter lebarnya, tapi orang dewasa yang menyeberang paling ngga akan basah sampai sebatas paha. Arusnya, uhm, dalam keadaan normal sih ngga deres. Tapi jika hujan dan si sungai induk (ada ngga sih istilah sungai induk?) meluap, jadilah sungai dekat rumah ikut bergejolak.

Me as a kid... Loves to play in that river. Mungkin pas aku periode kelas 3-4 SD. Eyang sudah berkali-kali melarang, tapi Dila kecil suka ndableg. Pulang sekolah, pamit main ke rumah teman, tapi diam-diam malah menuruni 'talud' menuju sungai. Baca komik sambil duduk-duduk di batu besar tengah sungai, ngumpulin batu-batu kali yang polanya aneh-aneh, sampai mencoba menyeberangi sungai (yang end-up kecebur beberapa kali, dan dimarahi habis-habisan sama eyang). Udah gitu aku lebih suka main ke sungai itu sendirian. I dunno what's on my mind at that time, tapi sepertinya sih... Semacam petualangan :D Padahal kalo aku sekarang ngeliat anak kecil main di sungai itu, bawaannya khawatir. Kotor lah, nanti kebawa arus lah, nanti ada uler kali lah, apa lah. Pokoknya ngeri gitu. Pantesan dulu eyangku segitu hebohnya. 

Aku pilih kebiasaanku main di sungai sebagai tema doodle hari ini karena ingatan ini lumayan nempel di kepala sampai sekarang. Soalnya rasanya waktu itu memang menyenangkan sekali. Merasakan gemericik air sungai,  menikmati embusan angin, menghindari sampah yang ikut aliran air... Wait, what?! 

Ah, mungkin si Dila kecil just wants to live her life to the absolute fullest. :)

0 comments:

Post a Comment