Monday, December 14, 2009

Sisaan weekend

.
Suddenly realizing.
Maybe I'm not that strong anymore.




Kemaren Sabtu ke Jogja, diajakin ngemsi sama si Radith. Ternyata bukan Jogja. Jogja mepet Klaten, secara venue acara kita di pelataran Prambanan. Panggung rigging 2 meteran dengan latar belakang Candi Prambanan. Sebelom briefing nyempetin masuk ke kawasan candi, aku belom pernah kesana soalnya. Dan... harrrr... merinding abis. Takjub. Bangunannya upright, tinggi, khas candi Hindu. Megah banget. Dan lingkungan di sekitarnya juga subhanallah. Kalo di Borobudur kan udah berasa padet banget yak. Kalo di Prambanan waktu itu masih berasa solemn... Ya mungkin karena aku kesitunya udah kesorean kali ya?

Minggu paginya ngemsi bla-bla-bla. Yang perform band-band indie. Some of them were great. Really-really great. Banyak bassis-bassis yang bikin nganga. Secara aku paling suka ngeliat orang maen bass. Tapi sayang ada juga yang terasa seperti poser saja. Yang bikin aku ngerasain yang namanya nahan emosi tapi mesti tetep cengar-cengir in the name of professionality. Blah. Yah, am not that anak jaman, I know. Tapi bukan berarti anak jaman harus act like a jerk, being sceptical to their own country's legacy nor mocking on another person's sense of music, kan?

Jadi tuh bintang tamunya kebetulan.. err, let's say.. ngepop sekali.. Kemudian secara implisit beberapa oknum anak indie menyatakan musik si bintang tamu tidak asik. Padahal band bintang tamu mainstream itu duluuu juga memulai karier mereka dari jalur indie. Kali indienya jaman dulu emang begitu gayanya kan? Kalo di mata kalian sekarang si bintang terlihat cupu, oh come on.. don't you understand? and why don't you guys put some respect?

Kelar ngemsi, segala macem angkutan yang patas menuju Semarang udah abis. Udah jam 9 malem, weekend pula. Akhirnya sama Radith ngeteng bis ke Solo dulu, dari Solo ke Semarang. Nyampe Semarang jam setengah 2 pagi, itupun baru sampe Banyumanik. Dari Banyumanik naek taksi langsung ke rumah, udah ngga sanggup ngambil motor ke studio. Capek banget rasanya.




And that time, I feel so insecure.
Longing for delicate, gentle voice comfort me by said :
"No worries, everything's gonna be alright..."
.

1 comments:

Pradipta Nugrahanto said...

Ehm, soal musik indie aku pernah dimarahin redaktur. "Hei kamu yang sudah berkali-kali nulis, jangan pernah nulis atau bilang ada band indie lagi ya," katanya di ruang redaksi. Dan akupun hanya tertunduk malu seraya menulis warning itu di notes handphone.

Setelah dipikir-pikir, kecerobohan menulis musik indie itu adalah fatal. Setelah mengecek di primbon buku-buku referensi musik, saya terlalu banyak menafsirkan indie sebagai sebuah musik non mainstream atau bahkan cutting edge. Padahal, memang aliran indie yang sebenarnya ada dan sampai sekarang selalu pringas pringis kalo inget itu hehe..

Post a Comment