Sunday, December 20, 2009

Terkapar pasrah

.
Udah berasa penggalan stensilan aja tuh judul. Ehehe. Yea, itu keadaanku saat ini. Setelah dihajar bermalam-malam begadangan (yang not in purpose), siaran-siaran subuh, semalem slowrock lanjut jaga rekaman (means 1 to 5 am), trus jam 10 paginya musti ngemsi.

Nah ngemsinya ini yang bikin pengen cerita dikit. Habis siaran slowrock kan nyempetin tidur bentar, tuh. Tapi begitu bangun, hadahhh, itu mata pedesnya ampun. Mana kudu dicolok softlens lagi. Mengalir dahsyat air mataku. Udah gitu ini eyebags, beuhhh.. Dasarnya ngga bisa dandan, ngga tau tekniknya nutupin kantong mata. Jadilah ngemsi tapi tampangnya kaya orang habis pesta miras semaleman. Matanya merah dan bengkak.

can you see how teler I am? blah, sok misterius gitu lagi posenya.
mungkin aku khilaf sehingga memilih berpose sedemikian rupa.


Owh. Jangan lupakan juga faktor heels shoes I wore. Yang harus dipake dari pagi sampe acara selesai (yang janjinya kelar jam 2 siang, tapi ujungnya jam 5 sore). Ngga tinggi kok. Tapi dasarnya engga biasa, pake kitten heels, yang cuma 3 sentian aja betis udah kelojotan, kaki pada lecet semua. Sigh.

Okay. Enough about me. Aku ngantukan dan berantakan, itu biasa. Tapi yang bikin aku totally alert ditengah pedih mata dan derita kakiku tadi adalah organizer acaranya. Oh good God. Bikin gemesss. Yang ngga perlu diurusin, yang perlu malah dicuekin. Ngga taktis. Ngga tanggap. Ngga ada runner or siapalah yang in charge buat decision maker. Aku kan cuma emsi yah? Dan semuanya pada sotoy sendiri-sendiri. Padahal aku perlu banget buat meng-confirm banyak.. BUANYAK hal standar yang ngga diurusin sama sekali. You know what? Ngakunya EO slash menejemen artis, tapi rundownnya kaya' susunan acara upacara bendera! Tanpa timeline. Tanpa breakdown. Tanpa PIC. Cuma disusun poin 1,2,3, dst... It's not a rundown though!

Okelah kalo mungkin emang belom biasa bikin event. Selalu ada yang pertama. Tapi mereka ini di awal ngomongnya gede banget. Bilang udah bikin acara serupa di Batam, Jakarta, sukses bla bla bla. But lately, satu crewnya bilang : ini event PERTAMA mereka. Ihhhh, kenapa mesti bohong sihhh????

Hhhh. Kalo mau dibahas satu-satu, panjang! Satu contoh lagi deh. Jadi ceritanya, ada satu orang panitia, dengan posisi setara stage manager, tapi dengan pedenya bilang "Nanti kamu saya temenin ngemsi. Saya biasa ngemsi kok". Eh? Apa bisa efektif, gitu? Stage manager ngemsi? Ditengah event yang preparationnya kacaw balaw, masih mau ngemsi juga? Tapi kupikir, ya sudahlah, siapa saya ikutan ngatur-ngatur? Dan ternyata benar. Ketika aku nanya acara selanjutnya apa (secara 'rundown' itu udah ngga bisa dipake karena diobrak-abrik sama mereka dengan sisipan-sisipan acara entah apa), si stage manager bilang "Iya, iya, udah siap kok performer selanjutnya".

Akhirnya aku nurut, langsung announce meskipun aku ngga melihat tanda-tanda kehadiran sang performer di sekitar stage. Dan apa yang terjadi kemudian sodara-sodara??? Di atas panggung si stage manager berseru, pake mic : "Panggilan kepada dancer XXX untuk segera menuju ke panggung, sekarang juga!! Saya ulangi, dancer XXX, harap segera menuju panggung!!!" AKU TERNGANGA. Hey you, Mr. stage manager, tugas Andalah untuk memastikan dancer itu siap disisi panggung, whatever it takes, tapi BUKAN dengan cara memanggilnya lewat mic, di depan semua hadirin! Emangnya ini valet parking??? Sumpah, aku jadi malu sendiri.

Masih banyak lagi kejadian-kejadian semacam itu seharian. Banyak. Sumpah. Emosiku beberapa kali ikut naik. Jadi agak nyolot juga. Yahh, namanya ngemsi sedikit banyak pasti punya sense of belonging biar acaranya running smooth kan. Kasarnya, nutupin jelek-jeleknya. Ngulur-ngulur waktu kalo performer belom siap. Membuat audiens tetap stay. Apa ajalah. Aku udah ngelakuin semua yang bisa aku lakuin. Tapi rasanya tetap tidak bisa menutup flawsnya acara tadi.

Iyalah, gimana bisa nutupin cela kalo stage managernya aja kehilangan jejak performer selanjutnya dan manggil mereka pake mic, dari atas panggung...

.

3 comments:

Anonymous said...

dan......paginya siaran. ck ck ck

Zee Achyar said...

Untunge kowe yo ceuk. Coba lek aku, huh... aku malah rak ngemsi. tapi nari-nari. hahaha

diLa said...

@anonymous :
hi, kok tau? :)
and why do you let yourself being anonymous, dear? tell us your nick name next time yah :)

@zee achyar :
pun danguuuuuu ahhhhhh. kowe sih ning ndi-ndi njoget ae zeeeee. hahaha

Post a Comment