Monday, December 28, 2009

The Dreamer Avatar

Ehm ehm...
*clearing throat*

First of all, aku mau mengucapkan terima kasih kepada rokenrol couple Putri and her hubby for took me away from this bedlam Semarang last weekend. Walopun cuma 1 hari 1 malam di Jogja, rasanya cukup menyejukkan jiwaku yang burst out ini.

putri dan her hubby. pardon their pose (and the poor lighting as well).
aku sudah berusaha meminta mereka bergaya dengan proper but..
yea.. mungkin jatah mereka memang di balik kamera :D

Euh matter of fact, perjalanan ini tadinya adalah rencanaku dan Putri saja. Karena kebelet nonton Avatar, Sabtu kemaren kita berdua mau berwisata sinema ke Jogja, ngebis ria. But in the last minutes, Putri's hubby decided to drove her (and me as the buntut of course) there. And so it is. Sebuah perjalanan santay kaya' di pantay. Makan. Cari cemilan. Ketawa ketawa. Random playlist all the way. Kalo ada yang aneh-aneh, berenti dulu dipoto-potoin. Wanna see the (unessential) pics? Ini dia :


exhibit #1 : sebuah tag yang sungguh provokatif. istimewa!

exhibit #2 : ajakan untuk menjadi 'gosong'.

exhibit #3 : kalou yuang uini, wuah! suangat pruovokatif.

exhibit #4 : diversifikasi usaha : agrobisnis + otomotif + sanitasi

exhibit #5 : sebentuk huruf 'I' save the day!

exhibit #6 : robot asal sunda : robod.

exhibit #7 : kalo T2 punya lelaki cadangan,
yang ini lelaki gondolan...


exhibit #8 : Kak Setooo, ada temennya syeh Puji nihhh

exhibit #9 : Membaca Cermin Cendekia = MeCeCe
kalo Membaca Cuma Cuma = MeCuCu?

exhibit #10 : yth ibu pemilik salon, kita ngga suudzon
situ pake drug atau nge-sex sembarangan kok... santay saja..
and anyway, apapun perawatan gratis catok...
kalo dikriting gimana? tetep dicatok juga?


Sesampainya di Jogja aku sama Putri langsung nonton AVATAR. Berhubung penuh, dapet seat K (of Q), dipojok kanan. Lumayan pegel nengoknya sih... But the movie worth our tengeng necks.


See the technical review here. I'd only like to tell that this movie was so stunning. Sangat eye candy. Manjain mata. No wonder James Cameron menghabiskan lebih dari 10 tahun hanya untuk menunggu supaya teknologi animasi sudah cukup canggih untuk memoles film ini. Tsk tsk tsk. Si perfeksionis itu.

Aku suka penggambaran Pandoranya. Bagaimana semuanya berpendar, ijo ijo biru luminesence. Hewan-hewannya yang berkaki 6. The great 'Toruk Macto'. The HomeTree. The Eywa. Tsu'Tey. Eytucan. Ikran. How could they possibly think about those names?? Dan bahasa imajiner suku Omaticaya-nya... Keren. Serius. Apalagi ketika yang ngomong si Neytiri yang diperanin Zoe Saldana itu... SEKSI. Hahaha. Setelah bahasa dan nama-nama di Lord of The Ring, Avatar ini bahasa imajiner kedua yang oke deh kakak...

Dari segi cerita, ya, memang klasik. Greedy man versus sincere native. Perebutan sumber daya alam. But the way they keep the plot raising and blew at the end were GOOD. At least better than another science-fiction-special-effect-splurger movie. Plotnya tidak terlalu lambat, tidak juga terlalu cepat. Seru. Aku sama Putri sibuk ber 'Ooooh..', 'Ahhhh..', 'GOSH!!', 'YeeeHaw!!' dan sejenisnya. Lalu kita heran, kok bisa ya penonton yang lain kalem-kalem aja ngeliat such adrenaline-pumping scenes?

Overall AVATARnya keren. Terus Minggu paginya kita nonton Sang Pemimpi. Padahal aku aja belom nonton Laskar Pelangi :) Gapapalah. Tema filmnya bagus, bagaimana kita diajarkan percaya sama mimpi kita sendiri (euh, aku tertampar!). Mathias Muchus-nya juara! Cara dia memerankan seorang ayah yang punya dignity ditengah segala kerentaan, kelelahan dan kekurangannya... Juga cara dia menunjukkan rasa bangga pada anak-anaknya... Membuatku dan Putri berkaca-kaca. Hiks.


Oya, pemeran Arai remajanya keren deh. Noh yang di poster pake baju ijo. Aktingnya bagus, timbre suaranya enak (kok dari kemaren timbre suara mulu yang dipikirin yak?), dan logat melayunya terasa luwes. Cakep banget juga engga, tapi LAKI-LAKI gitu lho. Ngeliat riap-riap rambutnya aja rasanya gemes (Hiiii what's wrong with me???). Dan setelah dewasa dia diperanin sama Arielharharharhar! Not bad juga aktingnya dia. He should give himself another chance.

Sayang plotnya ngga valid, naik turun naik turun, rentan ngebosenin. Berkali-kali diumbar gambar-gambar indah, tapi engga pada tempatnya. Pada titik-titik tertentu terasa pengen ngecult tapi engga nyampe. Beberapa penokohannya kurang kuat. Pak Balia contohnya. Aku pikir dia adalah tokoh yang cukup penting ya. Tapi porsi yang dia dapat kurang mangstap. Scene per scene nya Pak Balia hanya repetisi yang sudah-sudah. Tidak berkembang. Sayanggg. Editingnya juga sadis. Jret jret jret ngga fade away gitu. Ya visual ya audio. Apa emang pihak bioskopnya yang ngga canggih transisi rol ke rol nya?

Bagaimanapun juga, Sang Pemimpi layak tonton. Terutama buat kamu yang mulai ngga percaya sama mimpi kamu sendiri. If we ain't believe in our own dream anymore, what would we be?

There you go. (Terpaksa) nonton 2 film saja, karena Minggu sore aku mesti pulang. Seninnya ngga izin bolos sih. But Putri stayed. Aku nebeng sang suaminya Putri, menembus hujan dan macet alaihim, menyusuri sawah-sawah buat nemuin supplier bisnis mereka, lalu akhirnya sampai juga di Semarang. Alhamdulillah...





Mungkin sesekali aku cuma butuh begini. Melewati trayek yang berbeda dari yang dilewati sehari-hari. Bertemu orang-orang yang berbeda dari yang ditemui sehari-hari.

Then skygazing.

Lotsa skygazing.

. .

5 comments:

Humanitarian Pal said...

Pantesaaaaaan uploadnya lambretta bambang.. Semua foto dikeluarin langsung toh :D
Aanyway, yg support 3D (RealD) di indonesia kynya emang baru blitzmegaplex deh mbak. Jadi msh sebatas mimpi nih pgn nonton Avatar in 3D T___T

diLa said...

ehehe, itu kan whole package darl. kalo dikeluarinnya entar-entaran, ngga asik! *hayah* :D

oh 3D-nya cuma di Blitz? Ckk. Siyal.

Hmmm gosipnya mall baru di jalan Pemuda itu ntar ada Blitznya. Aduhh, amin ya Allah!

Humanitarian Pal said...

O M G, buruan buka deh klo gt. Tp avatarnya juga jgn turun dulu dong ah, biar bs nongton Avatar in 3D di Semarang..
*kynya smakin hari smakin ngimpi aja nih #-o

adi said...

baru sempet baca nih. biasa.. sibuk ngrebusin bebek bebek :D

hehe..fotonya setelah diliat2 lagi kok lucu juga ya..sampe ktawa2 sndiri ni

diLa said...

ini pak adi yang juragan bebek? juragan peruk, borcet, ayam-ayaman dsb juga berarti!

wah, ada putri, ada mas fajar. kumplit. welcome aboard, everybody. i'm flattered both of you just stopped by.

monggo monggo...

Post a Comment