Monday, August 3, 2009

Cepet sembuh mbah Mondjo...

Namanya Toemondjo. Nama warnanya Turquoise.

(In case you don't know, radio tempat aku kerja ini menambahkan nama 'warna' di belakang nama on air para penyiarnya. Contohnya saya, nama saya Dila, nama warna saya Navy.)

Kembali ke mbah Toemondjo. Kita biasa memanggilnya mbah Mondjo. Ya, pake 'mbah', soalnya usianya sudah 80 lebih. Tapi beliaunya begitu fit dan grapyak. Beliau mengasuh acara wayang tiap malam Jumat, dari jam 9 malam sampe jam 5 keesokan paginya. Tutur kata mbah Mondjo begitu lembut, dan suaranya pas lagi on air, dengan bahasa Jawa alus dan timbre suaranya yang berat... Hmmm... Begitu kebapakan. Ditemani kopi dan rokok kretek, beliau melek sampe pagi. Hebatnya lagi, dari rumahnya di Pucanggading sampe ke studio, beliau yang notabene sudah sangat sepuh ini selalu pulang-pergi sendiri naek angkot, ngga pernah mau dianterin.

Malem Jumat kemaren mbah Mondjo sakit. Badannya panas tinggi, tapi maksain dateng buat siaran wayang. Sampe studio turun angkot aja sampe ngga sanggup. Akhirnya mbah Mondjo ngga siaran malem itu dan pulang ke rumah. Hari Minggunya kita dapet kabar ngga enak : mbah Mondjo masuk ICU. Katanya ada masalah dengan jantungnya dan beliau sempet koma. Systole/diastole-nya ngga normal, tinggi banget katanya. Tapi sampai sekarang belom diketahui apa triggernya. Soalnya selama ini ga ada symptoms apa-apa.

Hari ini mbah Mondjo sudah keluar dari ICU dan masuk ruang perawatan. Kami datang menjenguk, tapi beliau masih belom sadar. Keluarganya berkumpul. Wajah-wajah mereka lelah. Salah satu putrinya ngga berhenti membaca ayat suci. Bau obat menguar dimana-mana. Mbah Mondjo terlihat begitu ringkih, terbaring di ranjang, dengan berbagai selang itu... Ah.

Teman-teman, mohon doanya ya. Biar mbah Mondjo cepat sembuh. Biar bisa wayangan lagi. Biar bisa ngopi-ngopi lagi. Biar sehat lagi.


ps : rumah sakitnya salah nulis nama nih..

0 comments:

Post a Comment