Sunday, August 23, 2009

Ngeluh mulu.. Ngga capek bu?

Selesai siaran minggu, aturan sih nyicil kerjaan, tapi apa daya, kepengen curcolan dulu. Di luar juga panas, mo pulang agak maleysss.

Kepribadianku yang ngga jelas akhir-akhir ini semakin blur saja, setelah dihantam dari kanan-kiri-depan-belakang. Semakin ababil (abege labil) saja. Sebentar ketawa, sebentar (diem-diem) nangis. Sebentar pede, sebentar down. Sebentar tenang-tenang, sebentar grubyak grubyuk. Untung ketemu bulan Ramadhan.. Ngga tau nih, bisa sekalian jadi terapi. Syukur-syukur selesai Ramadhan, 'luka'-nya ikutan 'sembuh'. Amin.

Mungkin yang ngebaca ini blog dari awal sampe akhir sempet ngerasa empet (aha! rima!).. "Nih bocah kok NGELUUUUUH mulu ya sama idupnya? Emang idupnya sesusah apa sih?"

Ya, akupun berkali-kali bilang sama diriku sendiri seperti itu. Bersyukur nduk, bersyukur. Tapi aku cuma manusia biasa. Yang masih perlu banyak belajar buat kepala, apalagi buat hati. Padahal mata ini udah melihat banyak hal, kuping ini juga udah denger banyak hal YANG JAUH LEBIH PENTING buat dipikirin, JAUH LEBIH NGGA BERUNTUNG buat aku bersyukur sama keadaanku sendiri.

Just like couple of days ago, pas lewat daerah kampus, mo nganter si Via ke Simpang Lima. Aku ngeliat seorang bapak tua, berjalan terbungkuk-bungkuk, memakai topi berwarna pudar, celana kain yang dipakai terlalu tinggi diatas pinggang, kemeja yang kebesaran, tas berlaber sponsor entah apa dan menenteng sebuah timbangan badan. Cuma sekilas, tapi hatiku mencelos. Habis ngedrop Via, aku puter balik. Ngga tau pengen puter balik aja. Kucari si bapak. Dia ada di deket sebuah kios es buah. Parkir motor, aku pesen es buah, meskipun ngga pengen juga. Ngga tau sih kenapa aku musti sok-sokan beli, tapi feelingku bilang "Jangan keliatan nyamperin dia dengan sengaja, pake acara puter balik segala!" Sambil nungguin pesenan, aku deketin si bapak :

* sebenernya percakapan pake bahasa Jawa, tapi sudah ditranslate demi kepentingan pembaca dari Uzbekistan dan Maroko*

"Timbang badan ya pak? Saya nimbang ya"
"Silakan mbak. Gimana? Naik apa turun beratnya?"
"Hehehe berat saya naik! Makasi ya pak. Berapa?"
"Seikhlasnya mbaknya aja. Berapa saja boleh"
"Oh? Ermm ya.. ya.. pak"

Aku ngasi sekian rupiah. Abisannya di jalan pulang nyesel banget cuma ngasi segitu. Ngga tau, ngga bisa mikir. Bawaannya nyesek doang.

"Mmmm, pak? Saya beli es buah.. Bapak mau?"
"Oh engga usah mbak, saya masih kenyang"
"Dibungkus juga ngga papa pak. Siapa tau nanti di jalan?"
"Waduh, tas saya udah penuh mbak. Ngga usah, makasih"

Saya kembali nyesek. See? Si bapak sangat punya dignity. Dia tidak mau dikasihani. Inilah kenapa feeling saya berkata : Kalo mau nimbang, berusahalah keliatan kasual. Kalo perlu pura-pura beli es buah dulu.

Lalu si bapak bertanya dari mana asalku. Aku bilang dari Sampangan. Dan si bapak dengan ceria bilang :

"Oh Sampangan? Saya barusan dari sana mbak.. Jalan kaki"

Lagi-lagi aku speechless. Selanjutnya si bapak bercerita soal anak-cucunya yang tinggal Jogja. Dia memilih pekerjaan ini karena tidak mau merepotkan mereka. Di Semarang dia tinggal sendiri, menghidupi diri sendiri dengan berkeliling, menjajakan jasa timbangan (yang aku reken tidak presisi lagi), berjalan kaki di usianya yang begitu senja.

Lalu aku cuma bisa malu. Ngga perlu dibilang kenapa, pokoknya aku malu. Bodohnya aku selalu lupa akan rasa maluku ini dan terus-terusan ngeluh. Parahnya lagi, udah ngeluh, bikin excuse pula. Ya Allah, penyakit hati yang kaya' begini nih yang jadi masalah gede. Bukankah kesedihan dan rasa tidak bersyukur yang berkepanjangan tidak sehat untuk kesehatan jiwa?? Kuatin niat dan tekad saya Ya Allah... Biar saya ngga cengeng dan jadi tukang ngeluh lagi.

Easy to said, rigid to done. But it ain't impossible, 'aite?

0 comments:

Post a Comment