Saturday, September 19, 2009

deru dan debu.. uhuk uhuk!

Akhirnya sodara-sodara, the good side of me win : SAYA BEBERES KAMAR! yee-Ha! *koprol*

Yang aku maksud 'beberes kamar' disini judulnya beberes kamar yang MASSIVE! Yang mesti ngebongkar sesuatu, ngebuang sesuatu, mindah-mindah sesuatu. Soalnya kamarku sudah sangat helpless kotor dan berantakannya. Penuh banget, dimana-mana ada barang, sampe kegerahan sendiri dalam kamar.

Acara beberesnya dimulai jam 9 pagi sampe jam 1 siang, ngga pake break. Berkutat sama debu, sapu, spiderweb, lap pel, obeng, alteco, sampah dan laen-laen. Yah, salahku sendiri sih, jarang nyicil beberes...

Sekitar dua bulan kemaren aku juga sempet ngebongkar kamar, dan hasilnya aku berhasil ngebuang 2 plastik gede barang-barang ngga penting yang menuh-menuhin kamar, such as : kertas, majalah, koran, suvenir nikahan, brosur, dan buanyak lagi barang ngga penting lainnya. Begitu 2 plastik itu kebuang, aku pikir, oh fine, berarti sekarang dalam kamarku sekarang cuma ada barang-barang esensial doang.

Nah, tadi pagi aku beberes, -means baru berselang 2 bulan dari beberes yang kemaren- ehh.. tiba-tiba aja udah 3 plastik gede barang yang mesti dibuang! Itu semua barang bukan barang baru semua, tapi barang yang sempet aku pertahanin ketika beberes 2 bulan yang lalu, yang waktu itu aku anggap masih penting, dan sayang buat aku buang. Nyatanya, semua barang itu ngga kepake juga.. Semuanya berdebu dan ngga pernah aku sentuh sama sekali. Ada diktat kuliah, ada name tag event-event, ada rundown-rundown lama, majalah dan koran, brosur entah apa (again), label-label barang...

Lalu aku heran.. Anjrit, naluri nyampahku bener-bener gede ya? Kok bisa ya aku hidup berbulan-bulan dengan total 5 plastik gede barang berdebu yang sama sekali ngga aku pake? (and still counting maybe, secara hari ini aku juga sempet ngga tega ngebuang beberapa barang). Euhh, tapi mengingat aku masih mampu ngebuang-buang, dan masih bisa nyapu-ngepel, moga-moga perilakuku ini bukan compulsive hoarding..

Tau compulsive hoarding kan? Yang sempet ditayangin di Oprah itu lho. Yang berupa perilaku ngga mampu ngebuang barang-barang ngga berguna dalam jumlah besar, yang akhirnya ngeganggu aktivitas sehari-harinya. Soalnya 'barang-barang ngga berguna dalam jumlah besar' ini jumlahnya bener-bener BESAR. Rumah tuh jadi kaya' TPA, seriously. Dan para hoarder ini truly ngga sanggup ngebuang barang-barang itu, even itu adalah sekaleng sarden setengah kebuka yang udah jamuran atau kardus-kardus ngga makna yang numpuk sampe ke langit-langit rumah. Mereka membiarkan semuanya numpuk, kotor, berantakan selama bertahun-tahun.. dan ngga sanggup ngebuang itu semua.

Tapi karena aku sadar dan mempertanyakan ini, Insya Allah aku bukan hoarder lah ya *lega* soalnya buat seorang hoarder, mereka ngga sadar kalo itu kesalahan. Bahkan ada satu hoarder bilang, rumahnya yang penuh sesak sama barang itu cuma "small problem that mushroomed". Whew. Buat lebih jelasnya, klik sini deh.

Pokoknya malam ini bisa tidur di kamar yang (sedikit) lebih lega dan bersih. Kita lihat aja, kamarku bakal stay clean berapa lama :D

*berjanji dalam hati bakal rajin bersih-bersih*

0 comments:

Post a Comment